Dolar AS Bertahan di Dekat Tertinggi 1 Tahun, Debat Pagu Utang Jadi Sorotan

PT Rifan Financindo || Dolar AS sedikit melemah pada Kamis (30/09) petang, tetapi tetap mendekati level tertinggi satu tahun didukung permintaan safe haven yang sedang berlangsung dan ekspektasi kebijakan moneter AS yang lebih ketat dalam waktu dekat.

Pada pukul 14.58 WIB, Indeks Dolar AS bergerak melemah 0,07% di 94,287 menurut data Investing.com. Indeks mencapai level 94.435 pada hari Rabu, pertama kali sejak September 2020.

USD/JPY turun tipis 0,08% di 111,88, setelah naik ke level tertinggi sejak Februari 2020. EUR/USD naik tipis 0,11% ke 1,1608, tepat di atas level terendah 10 bulan, GBP/USD naik 0,17% di 1,3445, dibantu oleh katalis PDB kuartal II yang tumbuh 5,5%, lebih besar dari ekspektasi, sementara AUD/USD menguat 0,54% di 0,7214 pukul 15.04 WIB.

Sementara rupiah ditutup melemah 0,16% di 14.312,5 per dolar AS hingga pukul 14.59 WIB.

Pasar saham telah naik lebih tinggi pada hari Kamis, rebound pasca anjlok sebelumnya, tetapi imbal hasil Treasury AS tetap naik, di mana imbal hasil patokan 10 tahun masih mendekati level tertinggi sejak Juni, memberikan dolar dukungan.

Mendorong imbal hasil lebih tinggi adalah kekhawatiran bahwa Federal Reserve dapat mulai mengurangi program pembelian obligasi sebelum akhir tahun dalam periode pertumbuhan ekonomi global yang melambat dan inflasi yang terus tinggi.

Juga membantu safe haven dolar adalah kebuntuan atas plafon utang AS saat ini yang mengancam akan menutup operasional pemerintah.

Ketua Mayoritas Senat AS Chuck Schumer mengatakan Rabu malam setempat bahwa anggota parlemen telah mencapai kesepakatan untuk memperpanjang belanja pemerintah hingga 3 Desember, tetapi ini hanya menunda masalah dan ancaman default bencana tetap nyata, meskipun sering telah dihindari berkali-kali sebelumnya dalam situasi yang sama.

“Ketidakpastian seputar waktu undang-undang pagu utang dapat terus membuat pasar utang menjadi khawatir yang sudah terbebani inflasi dan menambah kekhawatiran,” kata analis di ING dalam catatan. “Pada akhirnya, ini akan membantu dolar lemah yang disebabkan oleh perbaikan dalam lingkungan risiko sebagai jangka pendek, menurut pandangan kami.”

PT Rifan Financindo || Juga membantu greenback adalah kekhawatiran dari prospek pertumbuhan di China, negara ekonomi terbesar kedua di dunia, terutama setelah aktivitas pabrik tak terduga berkontraksi pada September karena harga bahan baku yang tinggi dan pemadaman listrik terus menekan produsen.

USD/CNY turun 0,12% di 6,4623 pukul 15.10 WIB setelah indeks manajer pembelian manufaktur resmi turun menjadi 49,6 pada September dibandingkan 50,1 pada Agustus, tergelincir ke wilayah kontraksi untuk pertama kalinya sejak Februari 2020.

USD/CZK naik 0,07% menjelang pertemuan penetapan kebijakan Bank Nasional Ceko Kamis malam setempat, yang diperkirakan akan melihat bank menaikkan suku bunga acuan menjadi 1,25%. Itu akan menjadi peningkatan terbesar sejak 1997 setelah lonjakan inflasi yang terjadi baru-baru ini.

Baca juga :
pt rifan financindo
rifanfinancindo
rifan financindo

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai